05 Juni 2008

KOMPETENSI GURU

YANG DITUNTUT OLEH UUGD

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada BAB IV, Pasal 8 dinyaakan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional. Selanjutnya dalam Pasal 10 disebutkan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Keempat kompetensi yang disyaratkan oleh UUGD bagi guru tersebut lebih lanjut dijelaskan dalam RUU tentang guru dan dosen sebagai berikut:

1) Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensiyang dimilikinya.

2) Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.

3) Kompetensi sosial merupakan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secar efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

4) Kompetensi profesional merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan Standar Nasional Pendidikan.

Berkaitan dengan kompetensi minimal guru sebagai agen pembelajaran, Haris Suprapto dalam Trianto dan Titik (2007:72) menjabarkan kompetensi, sub kompetensi dan indikator esensial sebagai berikut:

1) Kompetensi pedagogik meliputi sub kompetensi pedagogik dan pengalaman belajar, sub kompetensinya yaitu:

a) Memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, sosial, moral, kultural, emosional dan intelektual. Indikatornya meliputi:

(1). Mengkaji karakteristik peserta didik dari aspek fisik, sosial, moral, kultural, emosional dan intelektual berdasrkan penelusuran berbagai sumber

(2). Berlatih mengumpulkan dan menganalisis data tentang karakteristik peserta didik melelui teknik yang relevan

(3). Berlatih menerapkan cara-cara memahami perilaku peserta didik sesuai dengan perkembangan peserta didik

(4). Berlatih merancang stimulasi berpikir sesuai dengan taraf perkembangan kognitif peserta didik

(5). Mengidentifikasi perilaku anka yang memiliki kelainan fisik, gangguan sosioemosional dan intelektual berdasakan data yang dikumpulkan

(6). Mengkaji karakteristik perilaku anak didik yang berbakat

(7). Mengkaji berbagai faktor penyebab masalah psikologis peserta didik dengan berbagai teknik yang relevan

(8). Berlatih memberikan bantuan/bimbingan kepada peserta didik yang mengalami masalah psikologis

(9). Berlatih mengembangkan kegiatan pengayaan bagi peserta didik berbakat

(10). Berlatih merancang kegiatan pengayaan untuk anak didik dengan keburuhan khusus

b) Memahami latar belakang keluarga dan masyarakat peserta didik dan kebutuhan belajar dalam konteks kebhinekaan budaya. Indikatornya meliputi:

(1). Mengkaji latar belakang keluarga dan masyarakat serta kebutuhan belajar anak didik dalam konteks kebhinekaan budaya

(2). Berlatih menganalisis situasi dan kondisi keluarga dalam kaitannya dengan proses pembelajaran

(3). Berlatih melakukan survei lingkungan keluarga dan masyarakat

c) Memahami gaya belajar dan kesulitan belajar peserta didik. Indikatornya adalah:

(1). Mengkaji berbagai gaya belajar peserta didik

(2). Berlatih mengidentifikasi gaya belajar peserta didik

(3). Berlatih mengidentifikasi gejala-gejala kesulitan belajar peserta didik

(4). Berlatih mendiagnosis kesulitan belajar perilaku anak yang mengalami kesulitan belajar

(5). Berlatih menentukan alternatif pemecahan masalah berdasarkan diagnosis

(6). Berlatih mengembangkan pebelajaran remedial dan pengayaan

(7). Berlatih melaksanakan bimbingan

(8). Mengembangkan strategi belajar peserta didik

d) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik, indikatornya meliputi:

(1). Mengkaji dan mengidentifikasi potensi pesera didik

(2). Berlatih merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program pemberdayaan potensi pesera didik

(3). Mengoptimalkan pemberdayaan sumber belajar untuk pengembangan potensi peserta didik

e) Menguasai teori dan prinsip belajar serta pembelajaran yang mendidik, indikatornya adalah:

(1). Mengkaji landasan filosofis pembelajaran

(2). Mengkaji teori dan prinsip belajar serta pembelajaran

(3). Mengkaji prinsip-prinsip perencanaan kurikulum dan pembelajaran

(4). Mengkaji berbagai model pembelajaran inovatif

(5). Mengkaji dan berlatih menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran

f) Mengembangkan kurikulum yang mendorong keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, indikatornya meliputi:

(1). Berlatih menganalisis kurikulum

(2). Berlatih mengembangkan bahan ajar sesuai kebutuhan peserta didik secara kontekstual

(3). Berlatih mengembangkan berbagai media pembelajaran kontekstual

g) Merancang pembelajaran yang mendidik, indikatornya meliputi:

(1). Mengkaji teori, prinsip, dan model rancangan pembelajaran

(2). Berlatih menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai model rancangan pembelajaran

h) Melaksanakan pembelajaran yang mendidik, indikatornya adalah sebagai berikut:

(1). Berlatih menerapkan keerampilan dasar mengajar

(2). Berlatih menciptakan lingkungan belajar yang kondusif

(3). Berlatih melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran

(4). Berlatih melakukan penyesuaian transaksional dalam pembelajaran

(5). Berlatih menerapkan model-model pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan

(6). Berlatih memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai laboratorium pembelajaran

(7). Berlatih memberikan bantuan belajar secara individual sesuai kebutuhan peserta didik

(8). Berlatih mengelola kelas dengan memanfaatkan potensi yang ada pada peserta didik

i) Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran, indikatornya meliputi:

(1). Mengkaji teori, jenis dan prosedur evaluasi dan proses pembelajaran

(2). Berlatih mengembangkan berbagai berbagai instrumen evaluasi proses dan hasil pembelajaran

(3). Berlatih membiasakan diri melakukan refleksi mengenai proses dan hasil pembelajaran

(4). Berlatih menindaklanjuti hasil evaluasi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran

2) Kompetensi Kepribadian, meliputi subkompetensi pedagogik dan pengalaman belajar yaitu:

a) Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, indikatornya meliputi:

(1). Berlatih membiasakan diri untuk menerima dan memberi kritik dan saran

(2). Berlatih membiasakan diri mentaati peraturan

(3). Berlatih membiasakan diri bersikap dan bertindak secara konsisten

(4). Berlatih mengenadalikan diri

(5). Berlatih membiasakan diri menempatkan persoalan secara proporsional

(6). Berlatih membiasakan diri melaksanakan tugas secara mandiri dan bertanggung jawab

b) Menampilkan diri sebagai pribadi berakhlak mulia dan sebagai teladan bagi peserta didik dan masyarakat, indikatornya meliputi:

(1). Berlatih membiasakan diri berperilaku santun

(2). Berlatih membiasakan diri berperilaku yang mencerminkan keimanan dan ketaqwaan

(3). Berlatih membiasakan diri berperilaku yang baik sehingga diteladani oleh peserta didik dan masyarakat

c) Mengevaluasi kinerja, indikatornya meliputi:

(1). Berlatih mengevaluasi kekuatan dan kelemahan diri sendiri

(2). Berlatih mengevaluasi kinerja sendiri

(3). Berlatih menerima kritik dan saran dari peserta didik

d) Mengembangkan diri secara berkelanjutan, indikatornya meliputi:

(1). Berlatih memanfaatkan berbagai sumber belajar untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian

(2). Mengikuti berbagai kegiatan yang menunjang pengembangan profesi guru

(3). Berlatih mengembangkan dan menyelenggarakan kegiatan yang menunjang profesi guru

3) Kompetensi sosial dengan subkompetensi sosial dan pengalaman belajar, yaitu:

a) Berkomunikasi secara efektif dan empatik dengan peserta didik, orang tua peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat, indikatornya meliputi:

(1). Mengkaji hakekat dan prinsip-prinsip komunikasi yang efektif dan empatik

(2). Berlatih berkomunikasi yang efektif dan empatik

(3). Berlatih mengevaluasi komunikasi yang efektif dan empatik

b) Berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan di sekolah dan masyarakat, indikatornya:

(1). Berlatih merancang berbagai program untuk mengembangkan pendidikan di sekitar sekolah dan lingkungan sekitar

(2). Berlatih berperan serta dalam penyelenggaraan berbagai program di sekolah dan lingkungan sekitarnya

c) Berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan di tingkat lokal, regional, nasional, dan global, indikatornya:

(1). Berlatih mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah pendidikan pada tataran lokal, regional, nasional, dan global

(2). Berlatih mengembangkan alternatif pemecahan masalah-masalah pendidikan pada tataran lokal, regional, dan nasional

(3). Berlatih merancang program pendidikan pada tataran lokal, regional, dan nasional

d) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, indikatornya adalah:

(1). Mengkaji berbagai perangkat ICT

(2). Berlatih mengoperasikan berbagai peralatan ICT untuk berkomunikasi

(3). Berlatih memanfaatkan ICT untuk berkomunikasi dan mengembangkan kemampuan profesional

4) Kompetensi profesional dengan subkompetensi profesional dan pengalaman mengajar, yaitu:

a) Menguasai substansi bidang studi dan metodologi keilmuannya, indikatornya adalah:

(1). Mengkaji substansi bidang studi

(2). Mengkaji metodologi keilmuan bidang studi

b) Menguasai struktur dan materi kurikulum bidang studi, indikatornya:

(1). Mengkaji struktur kurikulum bidang studi

(2). Mengkaji materi bidang studi dalam kurikulum

(3). Berlatih mengembangkan bahan ajar bidang studi

c) Menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, indikatornya:

(1). Mengkaji berbagai jenis teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran

(2). Memilih berbagai jenis teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran secara kontekstual

(3). Berlatih menggunakan dan memanfaatkan berbagai jenis teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran

d) Mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi, indikatornya:

(1). Berlatih memilih substansi, cakupan, dan tata urut materi pembelajaran secara kontekstual

(2). Berlatih mengidentifikasi substansi materi bidang studi yang sesuai dengan perkembangan dan potensi peserta didik

e) Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas, indikatornya:

(1). Mengkaji memahami penelitian tindakan kelas

(2). Berlatih mengidentifikasi permasalahan pembelajaran

(3). Berlatih menyusun rancangan PTK

(4). Berlatih melaksanakan PTK

(5). Berlatih merancang upaya-upaya peningkatan kualitas pembelajaran.

Sumber:

Trianto & Titik Triwulan Tutik. 2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

1 komentar:

  1. Terus berjuang bu! Pahatkan seluruh mimpi dan idealismemu di setiap lorong-lorong pendidikan. Salut buatmu

    BalasHapus