31 Agustus 2008

STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI

1. Konsep
Strategi Pembelajaran Ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Istilah lain : direct instruction, chalk and talk..
2. Karakteristik:
a. verbal/lisan
b. materi sudah jadi seperti data atau konsep atau fakta-fakta tertentu.
c. Tujuan utama siswa menguasai materi pelajaran itu sendiri
3. Strategi ini bisa digunakan apabila:
a. Guru akan menyampaikan bahan-bahan baru serta kaitannya dengan yang akan dan harus dipelajari siswa (overview)
b. Guru menginginkan agar siswa mempunyai gaya model intelektual tertentu, Mis. Supaya siswa hafal urutan pembuatan kain batik
c. Jika bahan yang akan diajarkan cocok untuk dipresentasikan
d. Jika ingin membangkitkan keingintahuan siswa entang topik tertentu
e. Guru menginginkan untuk mendemostrasikan suatu teknik atau prosedur tertentu untuk kegiatan praktik.
f. Apabila siswa mempunyai kesulitan yang sama sehingga guru perlu menjelaskan untuk seluruh siswa.
g. Apabila guru ingin mengajarkan pada sekelompok siswa yang mempunyai kemampuan yang rendah
h. Jika lingkungan tidak mendukung untuk menggunakan strategi yang berpusat pada siswa
i. Jika guru tidak memiliki waktu yang cukup untuk menggunakan pendekatan yang berpusat pada siswa.
4. Prinsip-prinsip penggunaan SPE:
a. Berorientasi pada tujuan
b. Prinsip komunikasi
c. Prinsip kesiapan
d. Prinsip keberlanjutan
5. Prosedur Pelaksanaan SPE:
a. Merumuskan tujuan yang ingin dicapai
b. Mengasai materi pelajaran dengan baik
c. Mengenali medan dan berbagai hal yang dapat mempenagruhi proses penyampaian
6. Langkah-langkah penerapan SPE:
a. Persiapan (preparation)
Tujuan persiapan:
• Mengajak siswa keluar dari kondisi mental yang pasif
• Membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa
• Merangsang dan menggugah rasa ingin tahu siswa
• Menciptakan suasana dan iklim pembelajaran yang terbuka
Langkah-langkah persiapan:
• Berikan sugesti positif dan hindari sugesti yang negative
• Sampaikan tujuan pembelajaran pada siswa
• Bukalah file dalam otak siswa
b. Penyajian (presentation)
• Hal yang perlu diperhatikan
• Penggunaan bahasa
• Intonasi suara
• Kontak mata
• Joke yang menyegarkan/intermezzo
c. Korelasi (correlation)
Menghubungkan pelajaran dengan pengalaman siswa atau dengan hal lain yang memungkinkan siswa dapat menangkap keterkaitannya dengan struktur pengetahuan yang telah dimilikinya.
d. Menyimpulkan
Tahapan untuk memahami inti (core) dari materi pelajaran yang telah disajikan
Cara menyimpulkan:
• Mengulang kembali inti-inti materi yang menjadi pokok persoalan
• Memberikan pertanyaan yang relevan
• Dengan Maping melalui pemetaan keterkaitan antarmateri.
e. Mengaplikasi (application)
Merupakan langkah untuk unjuk kemampuan siswa setelah mereka menyimak penjelasan guru.
Teknik yang digunakan:
• Membuat tugas yang relevan
• Memberikan tes yang relevan
7. Keunggulan SPE:
a. Guru bisa mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran
b. Efektif apabila materi cukup luas, tapi waktu terbatas
c. Selain mendengar melalui penuturan siswa juga bisa melihat/mengobservasi (melalui pelaksanaan demonstrasi)
d. Bisa digunakan untuk jumlah siswa dan ukuran kelas yang besar

8. Kelemahan SPE:
a. Hanya bisa digunakan untuk siswa yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak secara baik
b. Tidak bisa melayani perbedaan individu baik perbedaan kemampuan, pengetahuan, minat, bakat, serta perbedaan gaya belajar
c. Sulit mengembangkan kemampuan siswa dalam hal kemampuan sosialisasi, hubungan interpersonal, serta kemampuan berpikir kritis.
d. Keberhasilan SPE sangat tergantung dengan guru (persiapan, pengetahuan, rasa percaya diri, semangat, antusiasme, motivasi dan kemampuan bertutur serta kemampuan mengelola kelas.
e. Kesempatan untuk mengontrol kemampuan siswa terbatas karena bersifat oneway communication.

Sumber :
Dr. Wina Sanjaya, M. Pd
Stratetegi Pembelajaran (berorientasi Standar Proses Pendidikan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar